Kerja Bakti



Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Lingkungan yang bersih pasti indah dilihat. Selain itu, pasti juga sehat. Lingkungan kotor sarang penyakit. Di lingkungan kotor pasti tidak nyaman. Banyak sampah dan banyak lalat dan rumput ilalang yang panjang-pajang yang merupakan sarang dari penyakit. Agar sehat, lingkungan harus dibersihkan. Masyarakat harus rajin mengadakan kerja bakti. Agar lingkungan tetap bersih.

Di desa brakas dajah sendiri kerja bakti diadakan rutin setiap hari jumat di setiap takabuh, diadakan setiap hari jumaat dikareakan pada hari itu merupakaan hari yang suci. Dan pada hari jumat pula masyarakat brakas dajah lebih melonggarkan kegiatan.

Adapun manfaat dari kerjabakti ini adalah:
1.      Terhindar dari wabah penyakit
Kebersihan adalah hal utama dalam menjaga kesehatan. Dengan membersihkan lingkungan rumah maupun lingkungan desa dengan bersih membuat Anda akan terhindar dari penyakit. Jika Keadaan lingkungan desa kotor, maka akan menimbulkan wabah penyakit.

2.      Lingkungan menjadi bersih
Dengan kerja bakti yang dilakukan semua warga desa, misalkan dengan cara menyapu, membershkan selokan, mencabut rumput dan membersihkan sampah-sapah dapat membuat lingkungan desa anda menjadi bersih dan enak dipandang mata.

3.      Pekerjaan akan cepat selesai
Kerja bakti adalah kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama. Nah,  membersihkan lingkungan desa yang dilakukan secara bersama-sama tersebut dapat membuat pekerjaan cepat selesai dan maksimal.

4.      Kerja bakti dapat meningkatkan keakraban antara warga
Antara warga satu dan lainnya tentu memiliki batasan-batasan. Nah, dengan melakukan kerja bakti ini sebaiknya seluruh masyaakat  berbaur dengan mengikuti kerja bakti untuk melakukan pekerjaan secara bersama-sama, sehingga dapat meningkatkan rasa keakraban antar masyarakat.

Apapaun tipe gotong royong atau kerja bakti yang dilakukan semoga bisa membawa kebaikan bagi seluruh warga. hendaknya kegiatan ini dilakukan tanpa rasa terpaksa karena rasa ikhlas akan membuat suatu kenyamanan dalam bekerja, dan yang tak kalah penting adalah bukanlah bagaimana wujud kerja bakti itu namun lebih utama pada nilai-nilai yang terkandung didalamnya :-)
Oldest