Bangunan Sekolah

Di desa Brakas Dajah terdapat tiga Sekolah Dasar, satu TK dan tiga Madrasah Diniyah. Pada tingkat sekolah dasar ada SDN Brakas Dajah I, SDN Brakas Dajah II, dan SDN Patereman 3. Fasilitas bangunan di SDN Brakas dajah I tergolong layak pakai dan dalam keadaan baik, terdapat enam gedung sekolah yang masih layak pakai. Terdapat dua kamar mandi yang keadaannya juga baik. Namun di sekolah SDN Brakas Dajah I tidak terdapat fasilitas bangunan untuk perpustakaan dan kantor guru. Letak kantor guru bersebelahan dengan kelas enam, yakni satu ruangan dibagi menjadi dua untuk kantor guru dan untuk kelas siswa kelas enam. Begitu pula dengan ruangan kelas empat dibagi dengan ruangan uks.
Pada SDN Brakas Dajah II memiliki enam gedung. Empat untuk kelas, satu untuk kantor guru, satu kamar mandi. Masing-masing dalam kondisi baik dan layak huni. Namun untuk ruang kelas untuk kelas satu dan dua dijadikan satu ruangan yang bersampingan, empat dan lima juga satu kelas dijadikan dua ruangan, serta untuk kelas enam ruangan kelas dibagi dengan ruang perpustakaan. Hal itu dapat mengganggu proses pembelajaran, dikarenakan dengan adanya ruangan kelas yang berdampingan dan hanya diberikan pembatas menggunakan triplek maka akan menciptakan suasana pembelajaran yang kurang kondusif.
Pada SDN Patereman 3 terdapat delapan gedung yakni enam gedung untuk kelas, satu gedung untuk kantor guru, dan satu gedung untuk dapur. Dari kedelapan gedung yang terdapat di SDN Patereman 3 memiliki kondisi yang baik dan layak huni. Namun di sekolah SDN Patereman 3 tidak terdapat ruang perpustakaan, UKS, dan kamar mandi.
Pada sekolah TK merupakan bangunan sekolah milik yayasan Bani Adam. Letak sekolah TK di Takabuh Barat.

Untuk fasilitas bangunan ketiga madrasah diniyah yang berada di desa Brakas Dajah masing masing memiliki gedung yang layak pakai dan layak huni. Namun bangunan pada sekolah Madrasah Diniyah yang terletak di dusun Takabuh Dajah kondisi pintu dan jendela rusak.
Previous
Next Post »