Lomba




Lomba merupakan salah satu olahraga untuk meningkatkan kemampuan atau prestasinya dalam bentuk perlawanan tidak langsung, tetapi searah. Setiap peserta berada pada posisi sendiri. Dalam perlombaan setiap peserta berlomba melawan diri sendiri atau memperbaiki prestasi yang telah dicapai sebelumnya. 
            Untuk menambah kemeriahan KKN, kelompok 07 mengadakan lomba untuk seluruh warga desa Brakas Dajah. Lomba juga ditujukan untuk mempererat silaturahmi antar warga dan juga apresiasi dari KKN kelompok 07. Lomba yang diadakan sangat bervariasi mulai dari lomba untuk anak-anak hingga ibu-ibu. Lomba anak-anak terdiri dari lomba karung racing, memasukkan paku dalam botol, memukul air, sepak bola mini, mengambil koin dalam pepaya. Sedangkan, lomba untuk ibu-ibu terdiri dari lomba memasukkan benang dalam karung, nyunggi nampah, makeup.
            Lomba balap karung adalah lomba dimana setiap peserta diharuskan masuk dalam karung goni yang kemudian diikat hingga yang kelihatan hanya kepalanya saja dan kepalanya ditutup dengan helm. Peserta harus bertanding dari garis start hingga finish dengan berlari sambil jongkok. Mereka juga harus berusaha menjatuhkan lawannya agar bisa sampai garis finish dengan mulus. Lomba ini termasuk kategori lomba yang lumayan susah dan sengit namun menghibur.
            Lomba memasukkan paku dalam botol merupakan lomba yang membutuhkan konsentrasi. Lomba ini dilakukan dengan cara mengikat paku pada ujung tali rafia dan ujung satunya pada pinggang peserta. Botol diletakkan di tengah kaki peserta, mereka harus berdiri dengan kaki agak menekuk yang kemudian peserta harus berusaha memasukkan pakunya ke dalam botol tanpa menggunakan tangan, yang pertama memasukkan paku ke dalam botol akan jadi pemenang.
            Lomba memukul air adalah lomba konsentrasi dengan mata tertutup memukul air yang diwadah plastik yang digantung diatas tali. Peserta harus mempunyai strategi dalam mengenai sasaran. Adu pukul terjadi saat perlombaan antar peserta dikarenakan mata tertutup. Pemenang ditentukan dengan cara siapa yang paling cepat memukul mengenai sasaran.
            Sepak bola mini merupakan salah satu lomba yang mengutamakan kekompakan antar tim. Dimana satu tim beranggotakan 4 orang. Peserta diharuskan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dengan dimensi kecil sebesar 50 cm.  Lomba diadakan satelah turun hujan yang menambah keseruan saat bermain. Tantangannya adalah para pemain sulit menendang bola dan sering jatuh karena tanah yang becek dan licin.
            Lomba mengambil koin dalam pepaya adalah lomba dimana para peserta diharuskan mengambil koin yang ditempelkan di buah pepaya yang telah dilumuri tepung. Uniknya mereka harus mengambik koin dengan mulut mereka sedangkan mata mereka ditutup dengan kain. Namun, mereka harus berhati-hati agar mulut mereka tidak terluka karena terkena koin.
            Lomba untuk ibu-ibu terdiri dari lomba memasukkan benang dalam jarum, lomba nyungghi nampah, dan lomba makeup. Memasukkan benang dalam jarum sangat membutuhkan konsentrasi karena sangat sulit memasukkan benang dalam jarum yang sanagt kecil apalagi harus melakukannya dengan cara berjalan. Lomba nyungghi nampah juga membutuhkan konsentrasi dan keseimbangan agar nampahnya tidak jatuh atau terbawa angin. Lomba makeup sangat mebutuhkan ketelitian karena peserta harus mendandani pasangannya dengan rapi sedangkan mata mereka ditutupi dengan kain.
Previous
Next Post »