Organisasi Masyarakat


Organisasi masyarakat merupakan induk pemberdayaan dari suatu kelompok masyarakat di sebuah desa. Adanya organisasi selain pemerintahan menempati posisi yang sangat penting dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di desa brakas dajah  ini. Ada 2 Organisasi di desa Brakas Dajah yaitu: PKK dan Muslimat
  1. PKK                                                                                                                                         Desa Brakas Dajah  ini memiliki PKK, namun sangat disayangkan PPK ini tidak berjalan/aktif saat ini, ibu-ibu rumah tangga di desa Brakas Dajah  ini awalnya tergabung dalam PKK dengan beberapa kegiatan yaitu: PKK dan posyandu, namun sejak beberapa tahun ini kegiatan tersebut tidak lagi berjalan dan bahkan organisasi ini bisa di katakan bubar atau tidak ada lagi dikarenakan kesibukan dari masing-masing keluarga.
  2. Muslimat
    Desa Brakas Dajah ini merupakan desa dengan banyak ibu-ibu, dengan memiliki anggota kepengurusan sebanyak 15 orang, dan biasanya acara ibu muslimat ini dilaksanakan secara rutin yaitu setiap hari kamis. Dan isinya ibu-ibu muslimat seperti tahlil memperingati orang yang meninggal, selian itu membaca sholawat dan diba’. Dan biasanya dilaksanakan setiap hari kamis dan malam senin dan setiap yang dikunjungi adalah rumahnya berbeda. Sesuai kocokan dari setiap ibu-ibu muslimat tersebut. Kegiatan ini biasa dilaksanakan sehabis maghrib maupun isya sesuai dengan masing-masing dusun tersebut.
Previous
Next Post »