Poskesdes dan Posyandu

 

Kesehatan adalah hal yang terpenting pada setiap individu. Apabila kesehatan individu terganggu maka hal-hal yang lain akan terganggu pula. Misalnya seseorang yang biasanya bekerja atau setiap harinya melakukan aktivitas lain jika kesehatan mereka terganggu maka aktivitas yang biasanya dilakukan akan terganggu. Kesehatan tidak hanya tercermin dari lahiriyah atau fisik saja, melainkan meliputi jiwa dan raga. Jiwa dan emosi seseorang juga akan mempengaruhi kesehatan setiap individu. 

Tim kesehatan pada suatu tempat memiliki peran yang sangat penting, hal itu dikarenakan untuk meningkatkan kepedulian akan kesehatan pada setiap masyarakat. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penanggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan atau perawatan termasuk kehamilan dan persalinan. Di desa Brakas Dajah kecamatan Modung merupakan desa yang kurang perduli akan pentingnya kesehatan, hal itu terbukti dari empat dusun yakni dusun Takabuh Barat, Takabuh Timur, Takabuh Tengah dan Takabuh Dajah hanya memiliki satu puskesmas desa dan satu posyandu yang terletak di dusun Takabuh Tengah. Keberadaan puskesmas desa juga kurang memadai dan menfasilitasi kesehatan masyarakat di sekitar dusun Takabuh Tengah, hal itu dapat dilihat obat-obatan yang terbatas, alat kesehatan yang sederhana begitu pula tim kesehatan yang sangat kurang. Puskesmas desa setiap hari di buka, selalu sepi dan tidak berpenghuni. Di desa Brakas Dajah belum menemukan rumah bidan praktik ataupun dokter praktik. Karenanya masyarakat brakas dajah sendiri lebih percaya terhadap obat-obatan alami atau jamu dan semacamnya, maka dari itulah kesadaran akan kesehatan keluarga sendiri sangat rendah

Terdapat puskesmas desa dan posyandu yang terletak di desa Modung kecamatan Modung. Jarak tempuh dari desa Brakas Dajah ke lokasi puskesmas sekitar ±20 menit dengan jarak sekitar ±2 Km. Penyusunan data kelahiran dan kematian di desa Brakas Dajah masih belum dapat ditemukan. Menurut keterangan dari Sekertaris Desa data kelahiran dan kematian terdapat di kantor kecamatan Modung, namun menurut keterangan dari petugas kecamatan Modung sudah beberapa tahun terakhir tidak lagi mendapatkan data kelahiran dan kematian dari desa Brakas Dajah.


Previous
Next Post »