Santunan Anak Yatim



Yatim diartikan sebagai semua anak yang bapaknya telah meninggal dunia, ketika ia belum usia baligh atau dewasa, baik ia kaya tau miskin, laki-laki atau perempuan, maupun muslim atau non muslim. Karena itu, anak kecil yang dirawat ibunya, kakek neneknya atau orang lain disebabkan oleh perceraian tidak dikategorikan sebagai yatim. Adapun anak yang bapak ibunya meninggal juga termasuk anak yatim. Dalam tradisi di Indonesiabiasanya disebut sebagai yatim piatu. Kondisi anak yatim piatu lebih memprihatinkan daripada anak yatim saja.
Menyantuni anak yatim sudah menjadi sunnatullah. Oleh karena itu, kita disunnahkan untuk mengasihi mereka yang hidupnya sia-sia karena ketiadaan orang tuanya. Apalagi yang terlahir sebagai orang tidak mampu. Mereka menderita dan merana, mengharapkan kasih sayang dan rasa peduli dari orang lain yang tak kunjung datang.
Di desa Brakas Dajah terdapat banyak anak yatim yang diperkirakan berjumlah 30 orang. Rata-rata, mereka dirawat oleh kakek neneknya. Oleh karena itu, kelompok KKN 07 bersepakat untuk menyantuni anak-anak yatim yang ada di desa Brakas Dajah. Alhamdulillah dengan bantuan dan kerjasama dengan LAZIZ Bangkalan, santunan anak yatim tersebut telah dilaksanakan pada malam penutupan. Anak-anak yatim yang hadir terlihat sangat antusias dengan adanya santunan tersebut. Mereka terlihat sangat bahagia. Mungkin, karena memang sangat jarang sekali di adakan santunan anak yatim di desa tersebut.
Santunan yang diberikan kepada anak-anak yatim berupa tas, buku dan dana berupa uang. Memang tidak seberapa namun insyaallah bermanfaat bagi mereka. Pemberian santunan dilakukan dengan cara masing-masing anak yang telah dipanggil namanya dipersilahkan naik ke atas panggung kemudian diberi santuanan satu persatu.
Newest
Previous
Next Post »