Sejarah Desa


Desa Brakas Dajah merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan. Desa Brakas Dajah memiliki empat dusun yakni dusun Takabuh Barat, Takabuh Tengah, Takabuh Timur dan Takabuh Dajah. Awal mula desa Brakas Dajah ini menjadi satu dengan desa Brakas Laok. Sebelum kedua desa ini mengalami proses pemekaran, dahulunya dikenal dengan sebutan desa Takabuh. Arti dari takabuh sendiri adalah senjata asli Madura yakni celurit yang dibuat oleh sesepuh desa yang pekerjaannya memproduksi senjata tersebut dengan kualitas yang sangat bagus sehingga terkenal hingga ke beberapa desa. Namun, pembuatan celurit tersebut sudah tidak dilanjutkan, hal itu dikarenakan sesepuh yang biasanya membuat celurit telah meninggal. Anak cucu dari sesepuh tersebut tidak mampu memproduksi senjata celurit dengan kualitas yang bagus seperti milik sesepuhnya.

Pembuatan senjata celurit dari desa Takabuh ini memang sangat bagus. Untuk pembuatannya sendiri tidak dapat dilakukan sembarangan, harus dengan berpuasa sehingga dalam satu hari hanya dapat memproduksi satu senjata celurit. Namun kehebatan senjata tersebut tidak diragukan lagi oleh masyarakat. Tidak sedikit para masyarakat baik dari desa Takabuh sendiri maupun dari luar desa Takabuh berbondong-bondong untuk memesan senjata tersebut dengan tujuan yang berbeda-beda. baik itu untuk keselamatan pribadi ataupun untuk melawan musuh. Kehebatan senjata tersebut dapat menjamin yang terkena tidak akan dapat diselamatkan atau meninggal dunia.

Terjadinya pemekaran desa Takabuh ini terjadi karena kepala desa yang dahulu-dahulu memiliki teman dekat atau dapat disebut juga sebagai orang kepercayaan. Kepala desa merasa tidak sanggup dan kuawalahan untuk memimpin desa dikarenakan desa takabuh sangat luas yakni terletak dibagian laok atau selatan dan bagian dajah atau utara. Sehingga kepala desa memutuskan untuk membagi desa Takabuh menjadi desa Brakas Laok dan Brakas Dajah. Karena asal-usul adanya takabuh maka di  desa Brakas Dajah dibagi menjadi empat dusun yakni dusun Takabuh barat, Takabuh timur, Takabuh tengah dan Takabuh Dajah

Previous
Next Post »