Sosial Ekonomi




Desa Brakas Dajah termasuk kedalam jenis tanah kering, sehingga cocok untuk dimanfaatkan sebagai ladang. Komoditas pertanian di Desa Brakas Dajah adalah jagung, kacang tanah, padi, singkong. Selain komoditas tersebut, di desa ini juga terdapat komoditas utama lainnya yaitu buah-buahan diantaranya sukun, mangga, nangka. Tidak hanya komoditas tersebut, di Desa Brakas Dajah juga terdapat tanaman apotik hidup dan sejenisnya yaitu jahe dan kunyit.

Pada daerah Brakas Dajah ini, juga terdapat peternakan hampir semua warga mempunyai hewan ternak sendiri, walaupun jumlahnya tidak banyak. Jenis populasi ternak yang ada adalah sapi, ayam kampung, dan kambing. Produksi peternakan yang dihasilkan berupa telur dan daging, dan hasilnya akan dijual dipasar modung yang dekat dengan desa brakas dajah . Sumber daya air yang terdapat di Desa Brakas Dajah yaitu jenis sumber air bersih berupa sumur gali dan sumur pompa.
Selain itu desa Brakas Dajah, banyak yang merantau untuk mencari keuntungan yang lebih, tidak nanggung-nanggung masyarakat Brakas Dajah banyak yang keluar dari desa tersebut. Banyak yang keluar di Jakarta dan di Jawa Barat menjadi pekerja disana demi mencukupi kehidupan keluarganya tujuan negara yang paling dominan adalah Jakarta,  mereka yang merantau  di Jakarta, orang tidak dengan waktu yang singkat namun bertahun-tahun mereka disana. Kesadaran dalam dunia pendidikan menjadi salah satu faktor pertumbuhan ekonomi masyarakat Brakas Dajah, dalam hal kenyataan masyarakat Brakas Dajah  minim pendidikan terlebih bagi orang-orang yang dewasa sehingga dalam mengolah perekonomian atau mengembangkan perekonomian terkadang tergantung pada keberhasilan hasil dari pertanian dan peternakan. Dari segi perikanan terdapat tambak atau kolam ikan lele, sedangkan dari segi industri terdapat industri dari bambu yaitu tusuk sate yag produksinya sudah moderen dengan berbagai alat. Untuk usaha lain dalam pengembangan perekonomian yang bisa menghasilakn industri bagi masyarakat Brakas Dajah sangat terhambat karena pendidikan yang rendah sehingga tidak bisa mengikuti perkembangan ekonomi secara modern.
Previous
Next Post »