Pelatihan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Desa Brakas Dajah Oleh Mahasiswa UTM



            Desa Brakas Dajah merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Untuk sampai pada desa tersebut dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota Bangkalan.
            Desa Brakas Dajah terdiri dari empat dusun diantaranya; Dusun Takabuh Tajah, Takabuh Tengah, Takabuh Timur, dan Takabuh Barat. Pada umumnya masyarakat desa Brakas Dajah begitu ramah, selain itu adapun kelebihan lain yang dimiliki oleh desa ini yaitu memiliki SDA yang cukup terbilang bagus sebagai penghasil kebutuhan pangan.
            Potensi SDA yang ada pada desa Brakas Dajah yaitu pohon turi, jagung, bambu, kacang tanah, dan buah labu. Dari deskripsi terkait desa Brakas Dajah tersebut, menjadikan kami tertarik untuk memanfaatkan SDA yang ada sebagai bahan pangan sehari-hari sekaligus barang yang bernilai ekonomis, tuk menambah pengetahuan akan bisnis.
            Adapun beberapa pemanfaatan SDA yang dapat dilakukan seperti pembuatan Hidroponik (budidaya tanaman tanpa tanah), hal ini dilakukan dilatar belakangi karena kondisi lahan yang cenderung kurang subur, yang dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman sehingga berdampak pada proses waktu panen, oleh karenanya dilakukan budidaya tanaman tanpa media tanah (hidroponik)dengan salah satu kelebihannya yaitu mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
            Selain itu pemanfaatan SDA didesa Brakas Dajah yakni pemanfaatan akar kacang tanah dan bambu sabagai bahan pembuatan pupuk PGPR. Salah satu kelebihan dari pupuk PGPR adalah memperkuat perakaran tanaman. Hal tersebut dilakukan disebabkan karena pohon bambu yang begitu banyak dan tanaman kacang tanah yang terkadang saat panen kacang akar dibuang begitu saja atau terbuang sia-sia. Untuk meminimaliser maka dilakukan pemanfaatan ulang akar kacang tanah sebagai bahan pembuatan pupuk PGPR.
            Pemanfaatan SDA lainnya di desa Brakas Dajah yakni jagung. Banyaknya tanaman jagung yang dapat dijumpai didesa Brakas Dajah memunculkan ide dengan memanfaatkan sebagai bahan pangan yang kekinian salah satunya seperti nugget jagung. Mengingat pembuatannya yang cukup mudah, sehingga tidak membutuhkan waktu lama dalam proses pembuatannya.
            Demikian penjelasan mengenai desa Brakas Dajah Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan dengan beberapa potensi SDA yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pokok atau pangan khususnya bagi masyarakat desa Brakas Dajah.

Previous
Next Post »