Kemuslimatan Sebagai Ajang Silaturrahmi Para Ibu di Brakas Dajah




Ibu-ibu Kemuslimatan



Kemuslimatan di desa Brakas Dajah merupakan salah satu ajang silaturrahmi antar warga perempuan, baik remaja, para ibu serta lansia. Dalam kemuslimatan tersebut, terdapat berbagai kegiatan yang bermanfaat seperti pembacaan yasin, tahlil, serta sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Kegiatan tersebut diakhiri dengan salat isya berjamaah dan makan bersama.

Sesi Bersholawat

Kemuslimatan Brakas Dajah merupakan salah satu ranting kemuslimatan di Kecamatan Modung. Di desa ini terdapat 8 kelompok yang beranggotakan kurang lebih 40 orang dan dilaksanakan pada malam hari. Masing-masing kelompok memiliki waktu pelakasanaan yang berbeda, seperti kemuslimatan di Dsn. Takabuh Timur yang diketuai oleh Ibu Hamidah, biasanya dilaksanakan setiap hari Rabu, kecuali jika ada salah satu warga yang memiliki hajat/kepentingan, maka pelaksanaannya dapat berubah sewaktu-waktu.

Sajian dari tuan rumah

Struktur kemuslimatan di Brakas Dajah tersusun secara sistematis. Desa Brakas Dajah yang merupakan kemuslimatan ranting dari Kec. Modung, kemudian terhubung pada anak cabang kemuslimatan di Kab. Bangkalan hingga berakhir di pusat, yaitu Jakarta. Setiap ada pertemuan kemuslimatan, masing-masing warga dianjurkan untuk membawa uang infaq sejumlah Rp. 2000. Uang tersebut kemudian dikumpulkan pada ketua ranting, disetorkan kepada anak cabang hingga berakhir di Jakarta. Di jakarta, hasil uang infaq tersebut kemudian digunakan untuk keperluan umat maupun sebagai bantuan dana sosial bagi masing-masing ranting atau daerah-daerah yang terkena bencana. Harapannya, uang infaq tersebut dapat meringankan beban mereka serta menjadi amal jariyah masyarakat Brakas Dajah.


Previous
Next Post »