Penyuluhan Pemanfaatan Tanaman Toga

Penyuluhan tanaman toga


Mahasiswa KKN 70 UTM mengadakan penyuluhan pertanian mengenai pemanfaatan tanaman obat keluarga (Toga) pada hari Sabtu, 19-1-2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang kelas SDN Brakas Dajah 1, desa Brakas Dajah, Modung, Bangkalan.

Dihadiri oleh Ibu Diana Nurus Sholihah, S.Farm., Apt., M.Si. berserta tim-nya yang merupakan dosen Agroteknologi, Universitas Trunojoyo Madura. Mereka memaparkan mengenai tanaman toga yang tersedia di sekitar kita.

“Disebut tanaman Toga, karena biasanya tumbuh di pekarangan rumah. Jadi, bisa digunakan sebagai obat keluarga,” ujar beliau.

Selanjutnya, beliau beserta tim-nya menampilkan beragam tanaman toga beserta manfaatnya yang terdapat di desa Brakas Dajah kepada 33 warga yang hadir. Beliau juga menjelaskan bahwa fungsi tanaman toga untuk menghemat pengeluaran warga.

“Apabila ada yang sakit, tidak perlu buru-buru ke rumah sakit. Dapat memanfaatkan tanaman toga di sekitar kita. Asalkan takarannya sesuai dan diolah dengan cara yang benar.” Ujar dosen Agroteknologi tersebut.

Foto bersama

Selanjutnya, Ibu Diana juga mendemonstrasikan cara pemanfaatan tanaman toga akar ilalang. Yaitu dengan menyiapkan akar ilalang, dibersihkan dan diblender, kemudian disaring dan diendapkan. Air endapan tersebut kemudian dimasak dengan gula hingga menjadi serbuk.

Menurut Muzemmil selaku kordinator desa KKN 70, penyuluhan tersebut sangat bermanfaat untuk warga. Harapannya, masyarakat Brakas Dajah dapat memanfaatkan potensi yang ada di desanya.
“Semoga masyarakat bisa memanfaatkan potensi desa ini sebaik mungkin,” ujarnya.

Newest
Previous
Next Post »