Profesi Masyarakat Brakas Dajah




            Masyarakat Brakas Dajah memiliki beragam profesi. Beberapa profesi mendominasi, sedangkan lainnya hanya sebagai sampingan. Berikut beragam profesi di Brakas Dajah;

Petani
Petani mencari rumput
            Sebagian besar masyarakat Brakas Dajah memiliki tanah ladang atau sawah sebagai tempat bercocok tanam. Sawah tersebut biasanya ditanami oleh beragam tumbuha seperti jagung, kacang, padi, dll. bergantung musimnya. Saat musim hujan, biasanya masyarakat Brakas Dajah menanam padi dan kacang, sedangkan pada musim kemarau biasanya ditanami oleh jagung. Selain itu, masyarakat Brakas Dajah juga memiliki hewan ternak di masing-masing rumahnya, seperti ayam, bebek, kambing, sapi bahkan burung.

Perantauan
Warga mencari rumput
               Selain petani, sebagian besar masyarakat Brakas Dajah merupakan perantauan. Mereka yang perantauan adalah anak-anak muda yang mencari penghidupan di kota. Biasanya, mereka merantau di Jakarta dan bekerja sebagai pedagang. Mereka akan kembali ke desa Brakas Dajah saat sudah memasuki bulan Dzulhijjah nanti ataupun saat idul fitri.

Pedagang
Penjual di warung

            Beberapa warga Brakas Dajah menggeluti profesi sebagai pedagang. Profesi pedagang tersebut biasanya hanya berupa sampingan saja, seperti penjual nasi di warung-warung. Para pedagang di warung-warung tersebut biasanya hanya membuka antara pukul 06.00 WIB-17.00 WIB. Nasi yang dijual warung-warung seperti ketupat mi, nasi soto, rujak mi, nasi pecel, dll.

            Pedagang yang lain yaitu para pedagang di toko-toko. Mereka menjual beragam keperluan sehari-hari seperti air galon, beras, minyak, snack, dll. toko-toko tersebut biasanya didirikan di depan rumah pemiliknya untuk memudahkan proses transaksi penjualan.

Pedagang kerupuk

            Pedagang lain yaitu pedagang kerupuk. Para pedagang kerupuk biasanya membeli kerupuk mentahnya di Kwanyar. Kerupuk tersebut digoreng dan dimasukkan ke dalam warung-warung nasi. Biasanya dalam seminggu, pedagang kerupuk bisa melakukan transaksi penjualan 2-3 kali.

Buruh
Buruh tani

            Beberapa profesi warga Brakas Dajah adalah buruh. Mereka bekerja sebagai pekerja di beberapa bidang, seperti buruh tani, pekerja bangunan, buruh ternak dan bekerja menganyam bambu. Selain itu, para buruh tani tersebut juga bekerja untuk orang lain. Mereka mengelola ladang dan ternak milik orang lain, hasilnya akan dibagi menjadi dua atau seperempat bergantung kesepakatan dan modal awal antara pemilik ladang dan pekerja.

Peternak
Peternak mencari rumput untuk hewan ternaknya

            Masyarakat Brakas Dajah juga memiliki profesi sebagai peternak. Mereka memiliki beragam hewan ternak, seperti sapi, kambing, bebek, ayam, banyak, dll. Selain hewan ternak milik sendiri, mereka juga beternak milik orang lain yang dititipkan kepadanya dengan sistem bagi hasil.


Previous
Next Post »